manfaat musik

Ini Dia Manfaat Musik untuk Kesehatan

Menurut penelitian yang dikutip dari Alodokter, musik ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Tak heran, jika kini musik selalu diperdengarkan di banyak tempat. Bahkan, banyak yang memainkan alat musik seperti gitar akustik untuk memperoleh manfaat-manfaat yang diberikannya. Lantas, apa aja sih manfaat musik untuk kesehatan? Yuk, simak!

Suasana hati meningkat

Melansir Alodokter, musik dapat memengaruhi mood seseorang sehingga dapat dijadikan sebagai terapi relaksasi. Sebuah penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik dengan nada yang ceria dapat membantu meningkatkan hati seseorang. Itulah sebabnya musik sering kali dimanfaatkan untuk terapi mengatasi masalah kesehatan yang berkaitan dengan emosional.

Cegah gangguan tidur

Apabila mengalami gangguan tidur, maka musik bisa menjadi solusinya. Sebab menurut penelitian, mendengarkan musik sebelum tidur akan membuat seseorang memiliki kualitas tidur yang baik dibanding tidak mendengarkannya. Di samping itu, mendengarkan musik juga dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks. Namun demikian, pilihlah musik dengan alunan yang lembut dan pelan supaya semakin enak untuk didengar.

Bantu pemulihan stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang bisa mengakibatkan lumpuh bahkan sampai kematian. Jika ada keluarga maupun orang terdekat yang menderita penyakit stroke, maka coba perdengarkan musik sebagai salah satu bentuk pemulihan. Menurut hasil lansiran, penderita stroke yang menjalani pengobatan beserta terapi musik terlihat mengalami pemulihan lebih baik, terutama dalam menggerakkan anggota tubuh bagian atasnya. Meski begitu, ini masih perlu untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Atasi stres

Manfaat musik lainnya yaitu membantu mengatasi stres yang dialami. Menurut sebuah penelitian, mendengar musik akan mempercepat pemulihan stres dibanding mereka yang tidak mendengarkannya. Ini karena mendengar musik dapat membantu mengurangi pelepasan hormon kortisol di dalam tubuh. Selain itu, musik juga dapat mengurangi gejala depresi. Meskipun begitu, selera musik seseorang tentu berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya sehingga untuk genrenya harus menyesuaikan dengan musik yang disukainya.

Itulah dia beberapa manfaat musik yang perlu diketahui. Yuk, dengarkan musik agar dapat membantu mengatasi stres, gangguan tidur, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *