gangguan kecemasan

Macam-Macam Gangguan Kecemasan yang Umum Dialami

Apa itu anxiety disorder? Gangguan kecemasan atau anxiety disorder adalah reaksi biologis atas situasi stres yang terjadi secara berulang dan berlebihan hingga menganggu kehidupan sehari-hari pengidapnya. Menurut Anxiety & Depression Association of America, gangguan kesehatan ini menduduki posisi pertama sebagai masalah kondisi kesehatan mental. Lalu, apa sajakah macam-macam gangguan kecemasan itu?

Gangguan kecemasan umum (GAD)

GAD—atau generalized anxiety disorder—adalah jenis gangguan kecemasan yang membuat pengidapnya mengalami kekhawatiran yang sulit dikelola. Pada umumnya, kekhawatiran ini berbentuk seperti aktivitas merenung atau memikirkan berbagai peristiwa di masa depan dalam waktu yang tidak sebentar.

Orang dengan GAD biasanya tidak memiliki gejala-gejala khusus dan tidak bisa menjelaskan alasan ia merasakan kecemasan itu. Untuk dapat dikategorikan sebagai pengidap gangguan kecemasan umum, seseorang setidaknya merasakan kondisi itu selama 6 bulan terakhir.

Gangguan obsesif-kompulsif (OCD)

OCD—atau obsessive-compulsive disorder—adalah salah satu contoh dari macam-macam gangguan kecemasan yang mungkin paling mudah dikenali. Soalnya, orang dengan OCD sering mengulang-ulang satu tindakan atau aktivitas lantaran pikiran yang tidak bisa dikendalikan.

Bentuk lain dari orang yang mengidap OCD juga bisa tampak dari kebiasaannya yang takut pada kotor secara berlebihan atau takut atas perasaan orang lain terhadapnya. Beberapa pengidap OCD juga mungkin timbul kekhawatiran atas hal-hal yang tabu, seperti seks, agama, atau kekerasan.

Gangguan panik

Gangguan panik atau panic disorder adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan serangan panik berulang dan tak terduga. Orang dengan kondisi ini biasa ‘kambuh’ tanpa peringatan apa-apa dan berakhir dengan gejala fisik seperti sakit dada, sesak napas, berkeringat, gemetar, ataupun pusing.

Mengutip laman Healthline, gejala lain dari gangguan panik dapat juga berupa perasaan tidak terkoneksi dengan realita atau perasaan akan kedatangan malapetaka. Kekambuhan gangguan panik sendiri umumnya terjadi selama kurang dari 20 menit.

Itulah dia beberapa macam-macam gangguan kecemasan yang paling umum diderita oleh pengidap gangguan kesehatan mental. Di luar ketiga jenis di atas, gangguan kecemasan juga dapat berupa gangguan stres pascatrauma (PTSD), gangguan kecemasan sosial (fobia sosial), fobia, gangguan kecemasan perpisahan, hingga agoraphobia (fobia terhadap keramaian).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *