perawatan truk

Perawatan Sederhana Truk yang Tidak Boleh Terlewat

Seperti diketahui, hampir semua bidang usaha kini membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi. Salah satunya adalah truk, yang banyak dimanfaatkan untuk bisnis logistik, konstruksi, perkebunan, dan masih banyak lagi. Adanya promo mitsubishi terbaru untuk truk pun membuat armada ini semakin mudah menyasar para pelaku bisnis. Terlebih lagi truk Mitsubishi seperti Mitsubishi Canter FE 74 HD memiliki banyak keunggulan yang akan semakin memberi keuntungan pada Anda.

perawatan truk

source : google

Hanya saja, mengingat load pekerjaan truk tidaklah ringan dan cenderung tergolong berat, perawatan merupakan hal yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Ada beberapa perawatan sederhana yang bisa dilakukan, agar truk tetap optimal dan bekerja sebagaimana mestinya.

  1. Panaskan mesin truk.

Meskipun tidak digunakan, jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin truk secara berkala. Tidak perlu lama-lama, sekitar 10-20 menit saja sudah cukup. Hal ini dimaksudkan agar mesin truk mendapatkan pelumasan pada seluruh bagian mesin sehingga truk dapat berfungsi secara optimal ketika dikendarai nantinya.

  1. Periksa dan bersihkan filter udara.

Selanjutnya adalah lakukan pemeriksaan rutin pada filter udara. Seperti yang sudah Anda ketahui, filter udara merupakan lokasi penyaringan udara yang membantu proses pembakaran pada mesin. Rutin melakukan pemeriksaan pada filter ini dapat memastikan kinerja pembakaran sistem injeksi atau karburator tetap terjaga. Jika memang filter udara perlu dibersihkan, jangan tunda dan langsung lakukan, ya.

  1. Ganti oli secara berkala.

Sama halnya seperti motor maupun mobil, truk pun memerlukan penggantian oli secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan perlindungan terhadap mesin truk dapat diberikan secara maksimal. Dengan demikian, sistem pelumasan pada mesin pun dapat terjaga dan mengurangi gesekan antar komponen.

  1. Hindari kondisi tangki bensin kosong.

Meskipun truk jarang digunakan, jangan biarkan tangki bensin dalam keadaan kosong. Pasalnya, ketika tangki kosong, kondisi kondensasi berisiko terjadi dan bisa menyebabkan karat. Jika sudah terjadi karat, maka serpihannya dapat masuk ke fuel pump dan berujung pada mesin yang sulit dinyalakan.

  1. Bawa ke bengkel resmi secara rutin.

Selain melakukan perawatan pribadi seperti yang sudah disebutkan di atas, tak ada salahnya untuk membawa truk kesayangan Anda ke bengkel terdekat untuk diperiksa secara menyeluruh. Dengan demikian, jika ditemukan ada problem pada truk, hal tersebut bisa langsung diatasi. Truk Anda pun akan lebih optimal, awet, dan pastinya produktivitas bisnis tidak akan terhenti. Tidak ada ruginya melakukan servis ke bengkel karena biaya servis jauh lebih murah dibanding harus merogoh kocek untuk biaya perbaikan karena truk jarang diservis.

Lima hal di atas memang terkesan sederhana, namun jika dilakukan dapat memperpanjang usia mesin truk Anda. Silakan diterapkan dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *