berkendara di cuaca hujan

Tips Aman Berkendara Saat Cuaca Hujan

Salah satu kelebihan mobil adalah, Anda bisa berkendara dengan nyaman dalam kondisi cuaca apa pun. Misalnya saja saat cuaca hujan, Anda tetap bisa pergi menggunakan mobil Mitsubishi bekas yang belum lama Anda beli tanpa khawatir kebasahan. Sebab desain mobil yang tertutup rapat akan menghindarkan air masuk ke area kabin.

Namun, tahukah Anda bahwa berkendara saat cuaca hujan ternyata agak berbeda dengan ketika cuaca cerah. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah tips aman berkendara saat hujan yang sebaiknya diterapkan:

Atur kecepatan

Pastikan Anda berkendara dalam kecepatan yang wajar dan tidak terlalu cepat. Terlebih lagi jika kondisi ban mobil Anda sedang tidak begitu baik, misalnya mulai kembang aus. Sebab dalam kondisi jalanan yang licin, risiko mobil mengalami selip (aquaplaning) sangatlah besar. Aquaplaning sendiri adalah kondisi ketika ban tidak mampu mencengkeram permukaan jalan karena mengambang di atas genangan air. Namun, dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi, maka risiko ini dapat dikurangi.

Gunakan lampu

Saat berkendara dalam cuaca hujan, terutama ketika hujan deras, pasti penglihatan Anda akan kondisi sekeliling menjadi kurang jelas. Hal ini tentunya dialami oleh pengendara lainnya. Untuk membantu, Anda bisa menyalakan lampu kabut atau fog lamp. Namun ingat, jangan pernah menyalakan lampu haazard dalam kondisi ini karena akan sangat berbahaya.

Atur kecepatan wiper

Pastikan mengatur kecepatan wiper sesuai dengan tingkat derasnya hujan. Sebab, jika Anda mengatur terlalu lambat, maka dapat membuat penglihatan semakin kabur akibat kaca yang dipenuhi air. Sementara jika terlalu cepat, risikonya adalah kaca baret akibat wiper langsung menyapu kaca tanpa adanya air. Selain itu, pastikan wiper dalam kondisi baik sebelum berkendara.

Nyalakan AC

Berkendara dengan AC menyala saat hujan, pasti terasa tambah dingin. Namun jangan pernah mematikan atau mengecilkan AC karena risikonya akan membuat kaca menjadi berembun. Hal ini sangat berbahaya karena pandangan Anda akan benar-benar langsung tertutup akibat embun, dan Anda tidak bisa menghilangkannya dengan wiper karena biasanya embun berada di kaca bagian dalam. Artinya Anda harus mengelapnya secara manual.

Selain semua hal di atas, Anda juga harus lebih waspada dengan lingkungan sekitar saat berkendara dalam cuaca hujan. Misalnya untuk poin pertama, dengan mengatur kecepatan maka Anda juga bisa mencegah air dari ban mobil menciprat ke pengendara lainnya yang tentunya akan sangat mengganggu pengendara lain. Jangan lupa, pengguna jalan bukanlah hanya Anda sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *