negara tanpa bandara

Negara Tanpa Bandara, Memangnya Ada?

 

Kalau mau liburan atau berkunjung ke negara lain, hal pertama yang mungkin terpikir oleh banyak orang, termasuk kamu, adalah mencari tiket pesawat. Soalnya, jalur udara merupakan opsi tercepat untuk mencapai sebuah tempat. Namun, gimana kalau sebuah negara nggak punya bandara? Memangnya ada negara tanpa bandara?

Jawabannya: ada, loh! Negara mana sajakah itu?

Vatican City

Negara pertama yang nggak punya bandara adalah Vatican City. Alasan logis di balik absennya bandar udara di negara ini adalah minimnya lahan. Yup, negara kota yang jadi pusat Gereja Katolik Roma ini cuma punya lahan seluas 109 hektare saja. Kalau dikonversi ke kilometer persegi, luas Vatican City hanya 0,44 kilometer persegi.

Selain itu, negara kota satu ini juga hanya berjarak 29 kilometer dari Roma, yang punya dua bandara internasional. Jadi, tidak aneh, kan, kalau negara terkecil di dunia ini nggak punya bandara?

San Marino

Negara tanpa bandara selanjutnya adalah San Marino. Alasan ketidakhadiran bandara di negara ini juga sama seperti Vatican City: kekurangan area. Pasalnya, negara ini memiliki luas 61,2 kilometer persegi atau sepersepuluh luas Kota Jakarta. Tapi, biar tidak punya bandara, negara terkecil kelima di dunia ini masuk sebagai salah satu negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita tertinggi!

Monaco

Tepat di belakang Vatican City, ada Monaco sebagai negara terkecil kedua di dunia. Tentunya, luas area juga menjadi alasan kealpaan bandara di Monaco. Negara dengan luas hanya 0,81 kilometer persegi ini hanya bisa dijangkau dengan kapal atau mobil dari Bandara Nice Côte d’Azur dalam kurun waktu 30 menit berkendara. Akan tetapi, Monaco itu merupakan tuan rumah salah satu balapan Formula One yang paling tua dan paling bergengsi: Grand Prix Monaco. Lintasan F1 di negara ini adalah yang terpendek dari semua lintasan Formula One.

Liechtenstein

Terletak di antara Austria dan Jerman, negara kecil ini juga tidak mempunyai bandara seperti ketiga negara sebelumnya. Hanya saja, alasan Liechtenstein nggak punya bandara lebih condong ke faktor geografisnya yang bak lembah. Untuk mencapai kota ini, pengunjung dapat menggunakan transportasi darat seperti mobil atau kereta api negara tetangga (Austria atau Swiss), perahu, atau pesawat dari Bandara St. Gallen di Swiss.

Nah, itulah dia beberapa negara tanpa bandara di dunia ini. Selain keempat negara di atas, Andorra yang terhimpit antara Spanyol dan Prancis juga tidak punya bandara. Kalau kamu ingin mendatangi salah satu negara di atas, carilah informasi lengkap mengenai transportasi paling ringkasnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *