Benarkah Sosial Media Bisa Memengaruhi Kesehatan?

Benarkah Sosial Media Bisa Memengaruhi Kesehatan?

Bermain sosial media saat sedang senggang terasa menyenangkan. Apalagi ketika sedang berwisata, memposting foto atau video ke akun sosial media terasa seperti hal yang harus dilakukan bagi beberapa orang. Apalagi ketika koneksi internet cepat ponsel mereka berjalan dengan lancar. Bahkan tidak jarang, banyak juga yang melakukan live pada saat sedang melakukan suatu kegiatan tertentu.

Namun, kebiasaan tersebut mulai membuat pakar kesehatan merasa khawatir. Wajar saja, karena beberapa masyarakat saat ini mulai benar-benar bergantung pada sosial media hingga mulai memengaruhi kesehatan, baik secara mental maupun fisik.

Berdasarkan situs sysomos, ada 2 cara sosial media memengaruhi kesehatan seseorang dan berdampak negatif, yaitu:

  1. Kecanduan sosial media

Seseorang yang sudah kecanduan sosial media tidak akan bisa hidup tanpanya. Bahkan baginya, sosial media lebih penting daripada apapun. Ada beberapa gejala seseorang yang sudah bisa dikatakan kecanduan sosial media, seperti:

  • Langsung mengecek sosial media saat baru bangun tidur
  • Mampu menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain sosial media
  • Melakukan check in location kapan pun dan di mana pun
  • Memposting foto atau video semua kegiatan yang dilakukan
  • Lebih mudah dihubungi via sosial media daripada telpon atau SMS
  • Memonitor jumlah like, komen, dan followers
  • Mulai berhlusinasi dan sering mendengar adanya notifikasi masuk yang sebenarnya tidak ada
  • Melupakan aktivitas lain demi sosial media, seperti makan, tidur, dan sebagainya
  • Rela melakukan hal apapun demi bisa mendapatkan konten yang diinginkan, tidak peduli apakah berbahaya atau mempermalukan orang lain sekali pun.
  1. Stres

Sosial media menjadi sumber berbagai informasi, baik yang bermanfaat, provokatif, dan sebagainya. Banyak juga seseorang yang akhirnya mengalami stres akibat hal ini. Misalnya karena terlalu sering mendapatkan informasi yang meresahkan tentang sesuatu, berita provokatif yang membuat kamu jadi berdebat dengan pengguna internet lainnya. Padahal terkadang, perdebatan ini bisa berujung pada cyberbullying jika pendapatmu ternyata salah.

Meskipun sosial media bisa berdampak buruk bagi kesehatan, jika dimanfaatkan dengan cara yang tepat sebenarnya teknologi ini bisa memberikan banyak manfaat juga. Jadi bijaklah dalam menggunakannya agar bisa terhindar dari efek negatif yang telah disebutkan di atas. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *