Jangan Abaikan Ini Saat Berkendara di Musim Hujan

Jangan Abaikan Ini Saat Berkendara di Musim Hujan

Musim hujan telah tiba! Sebagai pengendara, Anda tentunya disarankan untuk lebih berhati-hati saat mengendarai mobil bekas Anda. Sebab, pada saat musim hujan, jalanan biasanya menjadi lebih licin dan sangat berisiko membuat ban mobil tergelincir. Bahkan yang paling fatal bisa menimbulkan kecelakaan yang dapat membahayakan keselamatan diri dan pengendara lainnya.

Untuk itu, supaya lebih aman, berikut tips berkendara saat musim hujan yang wajib Anda terapkan, yaitu:

  1. Periksa kondisi mobil

Sebelum berkendara, pastikan Anda terlebih dahulu memeriksa kondisi mobil. Beberapa bagian yang perlu diperiksa adalah sebagai berikut:

  • Ban mobil. Untuk menghindari supaya ban tidak tergelincir saat dikendarai, maka periksalah kondisi ban mobil Anda. Pastikan bahwa Anda memilih ban yang tepat untuk kendaraan Anda, juga periksa apakah kondisi ban Anda masih dalam keadaan bagus atau jika Anda mendapati ban mulai tipis sebaiknya segera ganti ban tersebut dengan yang baru. Tak hanya itu saja, Anda juga wajib memeriksa tekanan angin pada masing-masing ban.
  • Lampu mobil. Selain ban, Anda juga disarankan untuk memeriksa semua lampu yang terdapat pada mobil. Dimulai dari lampu depan hingga lampu belakang. Pastikan, keduanya menyala dengan sempurna karena lampu sangat dibutuhkan ketika musim hujan. Jangan lupa, cek juga lampu sein mobil.
  • Kontrol utama mobil. Tak kalah penting, Anda pun wajib memeriksa bagian kontrol utama mobil. Bagian-bagian tersebut seperti kopling, pedal rem, pedal gas, dan kemudi. Cek apakah semua komponen tersebut berfungsi dengan baik dan tidak ada satupun yang rusak.
  1. Patuhi aturan berkendara ketika musim hujan

Saat berkendara, ada beberapa aturan yang wajib Anda patuhi agar semakin aman ketika berkendara di saat musim hujan, di antaranya:

  • Jangan “ngebut” di jalan. Mengurangi kecepatan berkendara saat musim hujan merupakan langkah yang tepat untuk Anda. Pasalnya, pada saat hujan jalanan akan menjadi sangat licin, jika Anda tetap menambah kecepatan dan sampai ngebut ditakutkan nanti malah membuat ban mobil berisiko tergelincir. Untuk itu, sebaiknya berkendaralah dengan kecepatan rendah agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Nyalakan lampu ketika berkendara. Saat hujan turun cukup deras, biasanya kondisi jalanan menjadi tidak jelas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyalakan lampu ketika berkendara. Menyalakan lampu tentu sangat berguna untuk Anda maupun pengendara lain dan Anda pun bisa lebih leluasa melihat kondisi jalan.
  • Jaga jarak aman dengan pengendara lain. Ketika berkendara, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan pengendara lainnya. Berilah jarak sekitar 4 detik dari mobil yang ada di depan Anda. Dengan adanya jarak, tentu bisa mengurangi risiko tabrakan.
  • Hindari menyalakan lampu hazard. Jangan menyalakan lampu hazard saat berkendara karena dapat mengganggu pengendara lain yang berkendara di belakang mobil Anda. Tak hanya itu saja, pengendara tersebut juga tidak tahu ketika Anda akan berbelok arah.
  • Menepilah jika hujan terlalu deras. Jika hujan turun sangat deras, sebaiknya Anda menepi dan jangan paksakan untuk melanjutkan perjalanan karena bisa membahayakan keselamatan Anda dan pengendara lainnya. Anda bisa memilih tempat menepi seperti cafe maupun restoran dan hindari menepi di dekat pohon karena berisiko tumbang ketika musim hujan.

Mau aman ketika berkendara saat musim hujan? Maka, jangan sampai mengabaikan beberapa tips di atas. Semoga artikelnya bermanfaat!