anak belajar

Tips Membantu Anak Agar Sukses di Sekolah

Setelah berhasil menyekolahkan anak di international primary school terbaik, perjuangan Anda sebagai orang tua tentu tak terhenti sampai di sini saja. Masih banyak hal yang harus dilakukan, semata agar anak bisa berhasil dan sukses menimba ilmu di sekolah tersebut. Meskipun kemampuan akademis bukanlah segalanya, sebagai orang tua pastinya Anda ingin mengajarkan anak mengenai tanggung jawab dan membuatnya belajar tanpa beban, bukan?

Bimbingan orang tua memang secara tidak langsung dapat berperan pada tumbuh kembang anak di sekolah. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar anak bisa sukses secara akademis. Apa saja? Berikut detailnya:

  1. Bangun suasana kondusif di rumah. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah membangun suasana yang kondusif di rumah. Jadikan rumah sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi anak untuk beristirahat, bermain, dan juga belajar. Terapkan jam-jam yang jelas di rumah, kapan harus istirahat, kapan harus belajar, dan kapan harus bermain. Misalnya, ketika sudah masuk jam belajar, Anda sebagai orang tua bisa mendukungnya dengan mematikan televisi dan fokus mendampinginya belajar.
  2. Libatkan anak dalam proses belajar. Posisikan diri Anda sebagai rekan dalam proses belajar anak. Ajak anak untuk menentukan sendiri jam belajarnya dan juga kapan saja ia perlu mengerjakan tugas dan mengulang materi yang sudah dipelajari di sekolah. Luangkan waktu untuk menemaninya belajar dan jadilah teman diskusi yang baik agar kemampuan komunikasi anak juga meningkat.
  3. Biasakan untuk mengerjakan tugas lebih awal. Ajak anak untuk memahami konsep manajemen waktu yang baik. Biasakan untuk selalu mengerjakan tugas dari sekolah lebih awal dengan tidak menundanya. Dengan demikian, anak akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi minatnya di luar hal-hal akademis. Jangan lupa juga untuk membantu anak menyelesaikan PR dari Sekolah ketika anak mengalami kesulitan.
  4. Pastikan anak siap untuk belajar sebelum sekolah. Terakhir, jangan lupa untuk memastikan bahwa anak benar-benar dalam kondisi prima sebelum menuntut ilmu. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memastikan jam tidurnya sudah cukup, menyediakan sarapan yang bergizi, dan juga memastikan semua tugas dan hal-hal penunjang pembelajaran sudah dimiliki anak. Dengan demikian, anak pun akan lebih siap dalam menuntut ilmu.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendukung anak agar sukses di sekolah. Semoga bermanfaat!

One thought on “Tips Membantu Anak Agar Sukses di Sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *