Istana Dolmabahce, Turki

Berkunjung ke Istana Musim Panas Dolmabahce

Jika anda berkunjung ke Istanbul dan menaiki kapal melewati selat Bosphorus, maka anda akan melihat berbagai macam Gedung dan istana di samping laut. Salah satu istananya adalah istana Dolmabache. Jangan lewatkan kesempatan anda untuk mengunjungi istana sisi laut yang indah ini dengan segera memesan paket tour ke Turki.

Style dari istana ini termasuk variatif, hal ini dikarenakan arsitek dan pendiri yang ikut dalam pembangunan istana ini didatangkan dari berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu, anda dapat menemukan keharmonisan style Rococo, kekaisaran dan Baroque Lines. Selain itu bentuk ruangan yang banyak dan pintu yang terbuka langsung menuju aula terbuka juga merupakan ciri khas dari perumahan bangsa Turki-Ottoman.

Di dalamnya banyak sekali ornament dan bagian dari Gedung yang terbuat dari bahan marbel. Untuk bahan marbel dasar berwarna putih sendiri di datangkan dari pulau Marmara yang terletak di selat Bosphorus. Sedangkan untuk bahan marbel berwarna pink dan hijau atau kehijauan didatangkan langsung dari Italia dan Mesir.

Ornament – ornament di dalam istana ini meski didominasi oleh gaya Eropa namun masih harmonis dengan ornament – ornament dan karya seni khas Turkish-Ottoman. Istana ini selesai dibangun pada tahun 1856 dan digunakan sebagai rumah atau tempat tinggal bagi para sultan dan keluarganya. Beberapa Sultan yang pernah tinggal di istana ini adalah Sultan Abdulmecit, Sultan Abdulaziz,  Sultan Mehmet Vahdettin VI.

Istana ini sendiri terbagi menjadi tiga bagian, dengan beberapa Gedung tambahan yang menjadi sarana bagi keluarga sultan dan pengurus istana tersebut untuk bertahan hidup. Bagian pertama yang anda lihat adalah beberapa bagian pintu gerbang. Salah satu pintu gerbang yang paling indah dan terkenal adalah Treasury Door, kemudian disusul oleh Saltanat Door. Kedua gerbang ini sangat cantik dan indah karena hiasan dan ornament – ornament yang terukir diatasnya.

Anda akan masuk melewati Treasury Door sebelum menuju taman dan Gedung utama dari komplek istana ini. Tetapi jangan lupa untuk sekedar mampir ke sebuah Clock Tower sebelum anda memasuki komplek Dolmabache melalui Treasury Door. Setelah melalui Treasury Door, anda akan disambut dengan taman yang indah dan simetris khas gaya Eropa.

Meski telah dibangun hampir 100 tahun sebelumnya, istana Dolmabache baru terbuka untuk umum pada tahun 1937 atas perintah dari Ataturk. Ataturk sendiri meninggal di istana ini tepatnya pada bulan November 1938.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *