talang air

Cara Memperbaiki Talang Air yang Bocor

Talang air merupakan salah satu elemen di rumah yang harus diperhatikan saat musim hujan. Pasalnya, ketika hujan turun, talang air berfungsi untuk mengalirkan air hujan dari atap rumah sebelum jatuh ke tanah. Talang air biasanya terbuat dari pipa pvc; masyarakat lebih memilih menggunakan pvc karena harga pipa pvc sangatlah murah. Meskipun demikian, ketahanan pipa pvc tentulah tidak tahan lama karena pipanya rentan lapuk seiring berjalannya usia.

talang air

Source: rumah.com

Masalah yang sering muncul pada talang air ketika musim hujan adalah kebocoran. Ketika talang air bocor, tentunya ini menjadi masalah yang cukup krusial saat musim hujan. Akan tetapi, jangan panik dulu. Begini cara memperbaiki talang air yang bocor:

  1. Bersihkan talang air dari kotoran.

Saat hujan turun, air akan membawa serta kotoran-kotoran yang ada di atap menuju talang air. Akibatnya, jangan heran jika Anda menemukan daun-daun, kerikil, dan lain sebagainya di dalam talang air. Nah, sebelum mulai memperbaiki kebocoran, ada baiknya bersihkan dulu talang air ini agar proses perbaikan menjadi lebih mudah.

  1. Cari sumber kebocoran.

Cek talang air yang bermasalah dan cari di mana sumber kebocorannya. Apakah kebocoran tersebut disebabkan karena permukaan talang yang retak atau justru memang terdapat bagian yang bolong. Biasanya, jika talang air terbuat dari pipa pvc, maka masalah kebocoran lahir karena ada sambungan yang lepas atau daya rekat lemnya yang tidak optimal. Bisa juga karena permukaannya yang sudah lapuk termakan usia sehingga mudah retak.

  1. Jangan tunda untuk memperbaiki.

Setelah menemukan titik permasalahannya, jangan tunda untuk memperbaiki. Jika memungkinkan, langsung kerjakan pada saat itu juga. Pasalnya, jika ditunda-tunda maka kerusakan bisa semakin parah. Perbaiki talang air sesuai dengan kerusakannya. Misalnya, jika talang air rusak karena sambungan yang lepas, maka rekatkan kembali dengan lem. Jika ada lubang kecil, maka segera tambal lubang tersebut.

  1. Ganti talang baru.

Jika kerusakan yang ditemukan sudah sangat parah, seperti terdapat bolongan besar misalnya, disarankan untuk mengganti talang air dengan talang yang baru. Sebab dibanding menghabiskan uang untuk menambal-nambal lubang ini, lebih baik menggantinya dengan talang yang baru dan lebih kuat.

Saat menerapkan cara memperbaiki talang air di atas, jangan lupa juga untuk memperhatikan faktor keselamatan saat membersihkan talang air. Pastinya Anda tidak mau kan mengalami hal yang tidak diinginkan saat sedang melakukan hal ini.

Selamat mencoba, ya! Semoga membantu 😀