meja komputer

Ciptakan Sudut Ruang Kerja Positif di Rumah

Hal yang bisa diterapkan untuk menambah semangat saat bekerja adalah menata ulang sudut ruang kerja, seperti merapikan meja komputer dan memasang hiasan yang disukai. Untuk itu, pentingnya menerapkan tips sederhana untuk membuat meja kerja lebih nyaman sehingga dapat menciptakan suasana kerja yang positif. Berikut tipsnya:

  1. Rak penyimpanan

    Rak penyimpanan ini memiliki fungsi yang penting, yaitu menyimpang buku-buku, jurnal, dokumen penting, hingga lainnya yang berkaitan dengan pekerjaan Anda. Anda bisa letakkan rak ini, tidak jauh dari meja kerja Anda, sehingga lebih ringkas dan simpel.

  2. Warna cat dinding

    Pemilihan warna cat dinding juga berpengaruh pada suasana hati dan kualitas kerja Anda. Biasanya memilih warna cat tergantung pada keinginan dan kepribadian seseorang sehingga bisa terpacu pada semangat bekerja. Apabila ingin memberikan efek yang gembira, terbuka, dan manis, bisa Anda gunakan warna-warna pastel. Bila Anda ingin terkesan lebih intim dan elegan, bisa menggunakan warna-warna monokrom dan warna gelap.

  3. Meja multifungsi

    Meja multifungsi ini sama saja digunakan untuk meja kerja atau meja komputer. Perbedaannya, Anda bisa menambahkan space untuk menaruh peralatan kerja yang lebih kompleks. Namun, apabila tidak ingin dipenuhi dengan kertas berserakan dan pekerjaan yang membuat pusing kepala, Anda bisa menaruh hiasan, seperti foto-foto, quotes motivasi, lampu meja ataupun tanaman hias kecil sehingga terlihat lebih ‘hijau’ dan sejuk.

  4. Pencahayaan yang cukup

    Hal lain yang bisa membuat suasana hati gembira saat bekerja adalah pengaturan cahaya yang cukup. Anda bisa memilih sudut ruang kerja di sebelah jendela, apabila jenuh, Anda bisa sesekali menengok ke arah luar jendela. Apalagi jika pemandangannya hijau dan asri, pastinya menambah mood bekerja. Namun, apabila tidak cukup dengan penerangan dari luar jendela, Anda bisa menambahkan lampu yang menyoroti meja kerja Anda, tanpa boros menggunakan lampu listrik.

  5. Dekorasi dinding

    Pemasangan dekorasi dinding merupakan tambahan untuk menemani suasana kerja Anda agar tampak lebih aktif dan ‘berwarna’. Anda bisa tambahkan dinding kerja Anda, seperti rak dinding minimalis, lukisan, kalender, jam dinding, frame foto, whiteboard, atau pinboard, quotes motivasi/inspirasi, hingga peralatan lainnya yang Anda sukai.

Yuk, jangan berlama-lama, segera lakukan hal-hal diatas pada ruang kerja Anda, pastinya kualitas kerja akan meningkat dengan suasana yang positif. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *