Nikmatnya Saus Nacho Keju Buatan Rumahan. Yuk, Coba!

Nikmatnya Saus Nacho Keju Buatan Rumahan. Yuk, Coba!

Camilan untuk teman menonton tak selamanya harus popcorn, lho. Sekarang ini, ada banyak sekali varian camilan yang bisa dijadikan pilihan, salah satunya adalah nacho. Nacho sendiri merupakan keripik tortilla tipis berbentuk segitiga yang memiliki rasa gurih serta renyah. Camilan ini merupakan salah satu makanan khas asal Meksiko, yang cukup terkenal di seluruh dunia. Biasanya, nacho ini disajikan dengan lelehan keju mozarella dan juga tambahan topping lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, konon nacho ini diciptakan pertama kali pada tahun 1943 oleh Ignacio “Nacho” Anaya. Beliau mengkreasikan keripik tortilla yang digoreng terlebih dahulu agar renyah, lalu menyajikannya dengan siraman keju cair. Untuk menambah rasa, ia juga menambahkan potongan cabai jalapeño (cabai hijau besar Meksiko). Tak dinyana, kreasi ini semakin populer dan digemari oleh banyak orang.

Seiring dengan berjalannya waktu, nacho ini pun kerap disajikan dengan berbagai topping. Ada yang menyajikannya dengan daging atau ayam cincang, dimasak dengan bawang bombay dan cabai, dimakan dengan guacamole (semacam saus yang terbuat dari buah alpukat), dicocol ke dalam sour cream, dan ada juga yang memakannya dengan saus salsa—semacam saus yang terbuat dari tomat, bawang bombay, cabai, bawang putih, dan daun cilantro.

Nah, selain dikonsumsi dengan cara di atas, Anda juga bisa lho menciptakan saus nacho rumahan yang bisa dibuat sendiri. Jadi, jika Anda memiliki keripik nacho di rumah tapi tak ada sausnya, Anda bisa menciptakan kreasi Anda sendiri. Berikut cara membuatnya, mudah sekali, lho!

Yang Anda butuhkan:

  • 12 lembar keju
  • 250 ml susu.
  • 5 sdt garam.
  • 2 sdm mentega.
  • 2 sdm tepung serba guna.

Jika semua sudah tersedia, yuk mulai mengolah saus nacho versi Anda sendiri! Caranya:

  1. Tuang mentega dalam panci ukuran sedang dan lelehkan sampai cair sempurna.
  2. Tuangkan tepung serba guna, lalu aduk sampai rata.
  3. Jika sudah, tuangkan susu ke dalamnya, aduk perlahan-lahan sampai mengental.
  4. Masukkan keju slice yang sudah siapkan. Masak sampai merata dan potongan keju meleleh sempurna.
  5. Tambahkan garam sesuai selera.
  6. Masak sebentar dan saus nacho pun siap digunakan!

Gimana, mudah sekali, kan? Kalau Anda suka rasa pedas, boleh juga taburkan bubuk cabai di atas nacho. Atau beri potongan cabai kering dan masukkan ke dalam saus. Jangan lupa untuk menuang saus ke dalam mangkuk dan nikmati selagi hangat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *