Apa Untungnya Punya Kartu Kredit? Jawabannya Ada di Sini!

Apa Untungnya Punya Kartu Kredit? Jawabannya Ada di Sini!

Tak sedikit orang yang memiliki impresi negatif terhadap kartu kredit. Kenyataan di lapangan yang sering mengaitkannya dengan utang atau pemborosan adalah salah satu faktor utama kesan jelek tersebut. Belum lagi biaya ini-itu yang mesti dibayar oleh pemiliknya meskipun jarang digunakan serta alasan keamanan seperti pembobolan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Beberapa hal inilah yang membuat kartu kredit seolah-olah merupakan hal buruk dalam hidup manusia.

Akan tetapi, jika mau melihat dari sudut pandang lain, ternyata kartu kredit bisa memberikan manfaat yang cukup banyak bagi penggunanya, lho. Ya, Investopedia dan sejumlah pakar keuangan berpendapat jika seseorang dapat menggunakan kartu kreditnya dengan bijak, keuntungan berikut adalah apa yang akan ia dapatkan:

  1. Bonus musiman. Melansir situs Investopedia, nasabah yang baru mendapatkan kartu kreditnya dari bank kerap kali akan mendapatkan bonus musiman di awal-awal masa pemakaian kartu tersebut. Umumnya, bonus tersebut bisa didapat nasabah ketika ia menggunakan kartu kreditnya untuk berbelanja dalam kurun waktu tertentu, misalnya untuk membeli mobil baru. Nah, bonus musiman yang diterima bisa berupa poin atau miles yang nantinya bisa ditukar untuk membeli produk perjalanan, kado, dan lain sebagainya. Keuntungan ini tentu tidak akan kamu dapatkan jika berbelanja dengan kartu debit.
  2. Hampir mirip dengan bonus musiman, cashback adalah keuntungan berupa saldo kembalian yang akan kamu dapatkan jika melakukan transaksi dengan kartu kreditmu. Jumlah cashback yang bisa kamu terima bervariasi dari 1 hingga 6 persen, atau mungkin juga dengan nominal tetap tertentu sesuai ketentuan dari bank pemberi kartu kredit.
  3. Poin penghargaan. Poin penghargaan atau reward points adalah keuntungan lain dalam bentuk poin yang akan kamu dapatkan jika bertansaksi dengan kartu kredit. Nantinya, poin-poin ini bisa kamu gunakan kembali untuk kebutuhan lain, misalnya saja potongan harga saat makan di sebuah restoran, belanja di supermarket, sampai beli bensin. Tentunya, merchants yang berlaku sesuai dengan ketentuan dari bank, ya.
  4. Frequent-flyer miles. Keuntungan satu ini tentu menarik sekali bagi kamu yang suka berjalan-jalan. Ya, frequent-flyer miles adalah poin dalam bentuk mileages yang bisa didapatkan oleh pemegang kartu kredit ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit. Menurut situs Investopedia, sistem ini pertama kali dikenalkan oleh American Airlines pada tahun 1980. Dulu, AA bekerja sama dengan Citibank untuk membuat satu kartu kredit yang bisa dipakai untuk membeli atau mendapatkan tiket pesawat tanpa harus sering-sering terbang. Poin mileages yang dikumpulkan dari transaksi belanja tersebut nantinya bisa ditukarkan oleh pemilik kartu untuk mendapatkan diskon tiket pesawat dari maskapai yang bekerja sama dengan bank. Menarik, bukan?
  5. Diterima di mana pun. Berencana ke luar negeri dan bingung soal keuanganmu nanti? Tentu ini tak jadi masalah jika kamu punya kartu kredit. Ya, inilah keuntungan lain dari kartu kredit. Bepergian ke luar negeri tak akan memusingkan ketika kamu punya kartu kredit. Sebab, kamu tak perlu repot membawa uang cash negara tujuan sejak dari negara asalmu dan tinggal menggunakan kartu kredit saja untuk berbelanja. Sifatnya yang bisa diterima di mana pun adalah keunggulan lain yang dimiliki oleh kartu kredit.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, jika kartu kredit sebetulnya memiliki segudang manfaat baik—secara finansial untukmu? Yang penting diingat adalah untuk tetap bijak ketika menggunakannya. Semoga bermanfaat, ya! (AP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *