Tak Hanya Kantor, Training VR Juga Dimanfaatkan untuk Ini

Tak Hanya Kantor, Training VR Juga Dimanfaatkan untuk Ini

Saat ini, memang cukup banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi VR untuk pelatihan calon karyawannya. Bukan tanpa sebab, pelatihan dengan VR dianggap bisa membantu perusahaan merekrut calon karyawan tanpa perlu bertatap muka langsung dengan calon karyawan tersebut. Tak hanya itu saja, calon karyawan pun bisa mendapatkan berbagai ilmu dari training tersebut sehingga semakin memudahkannya ketika bekerja di perusahaan kelak. Meski begitu, ada sebagian orang yang dapat terganggu kesehatan tubuhnya karena belum mampu terbiasa dengan layar dalam VR training. Ini membuat pelatihan ini masuk dalam hal yang memerlukan pengorbanan demi karir seorang karyawan.

Nah, bicara mengenai training dengan VR, pelatihan satu ini tidak hanya dimanfaatkan oleh perusahaan, loh, tapi juga dimanfaatkan untuk beberapa hal ini, di antaranya: (source: monstear-net.medium.com)

  1. Pelatihan Pemadam Kebakaran

Cukup berisiko memang jika sebuah instansi membuat simulasi kebakaran yang sangat nyata untuk pelatihan para pegawainya. Tak hanya taruhan nyawa, simulasi kebakaran ini juga membutuhkan lahan yang luas serta mengeluarkan banyak biaya untuk pelatihannya.

Untuk itu, dibutuhkan pelatihan VR yang dapat memudahkan latihan para petugas pemadam kebakaran. Teknologi canggih ini membantu petugas pemadam kebakaran agar terbiasa berada di situasi berbahaya, khususnya ketika terjadi kebakaran, tanpa perlu secara langsung berada di lingkungan tersebut.

  1. Pelatihan ruang kendali Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

Sama halnya dengan petugas pemadam kebakaran, latihan langsung menangani ruang kendali Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) juga sangat berisiko membahayakan keselamatan karyawan. Karena itulah, pelatihan VR hadir untuk menghindari risiko tersebut.

Di mana, dengan adanya pelatihan VR ini bisa membantu melatih karyawan tentang cara menangani berbagai situasi mematikan yang bisa terjadi di ruang kendali. Tak hanya itu saja, adanya pelatihan VR ini juga bisa mengefektifkan pengeluaran yang harus dikeluarkan ketika pelatihan.

  1. Pelatihan Penyedia Informasi Keselamatan Gedung

Tak hanya itu, pelatihan VR juga dimanfaatkan untuk pelatihan penyedia informasi keselamatan di gedung-gedung bertingkat. Dengan memanfaatkan pelatihan ini maka bisa membantu karyawan mengetahui tanda-tanda bahaya yang akan terjadi. Bukan cuma itu, pelatihan VR juga membantu menunjukkan cara operasional mesin yang terdapat di sebuah gedung.

Cara penggunaannya pun mudah, di mana tinggal mengunduh aplikasi VR di ponsel, lalu kemudian di aplikasi tersebut akan muncul video yang berisikan informasi mengenai risiko sekaligus panduan pelatihan keselamatan kerja di gedung perkantoran.

Selain ketiga pelatihan yang sudah dituliskan di atas, pelatihan VR juga kerap digunakan untuk pelatihan Pilot, pelatihan tempur Tentara, dan sebagainya.

Wah, sangat bermanfaat sekali ya ternyata pelatihan VR!  –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *