Apa Itu Genetic Carrier dan Dampaknya?

Apa Itu Genetic Carrier dan Dampaknya?

Pernahkah Anda mendengar bahwa ada pasangan yang melakukan tes kesehatan sebelum menikah? Mungkin Anda bertanya, untuk apa melakukannya atau seberapa penting melakukannya? Apalagi dengan adanya fasilitas asuransi kesehatan keluarga yang akan menjamin biaya pengobatan anggota keluarga setelah menikah nanti. Jadi, untuk apa melakukan tes kesehatan sebelum menikah?

Memang, hingga saat ini masih banyak yang engabaikan masalah tes kesehatan tersebut. Padahal hal tersebut sangatlah penting karena bisa memengaruhi masa depan anak nanti. Sebab, Anda dan pasangan tidak akan tahu apakah ada di antara kalian yang menjadi genetic carrier tanpa melakukan tes tersebut.

Genetic carrier? Apa sih? Baru dengar deh!

Jika Anda termasuk yang bertanya-tanya tentang istilah tersebut, berikut ini adalah penjelasannya. (Source: https://www.pathway.com/)

Pada saat dilahirkan, semua orang pasti akan membawa 2 gen kuat dari kedua orangtuanya, 1 gen berasal dari ayah dan 1 gen berasal dari ibu. Namun terkadang, salah satu dari gen tersebut bermutasi dan orang yang memiliki gen seperti inilah yang disebut dengan genetic carrier.

Seorang genetic carrier tidak akan mengalami masalah pada kesehatannya meskipun ada mutasi gen dalam tubuhnya. Itulah sebabnya, Anda juga tidak akan menyadari hal tersebut karena tidak akan menunjukkaan gejala apapun. Namun, masalah bisa muncul pada anak Anda nantinya. Sebab, Anda akan menurunkan gen pada anak Anda.

Apakah anak seorang genetic carrier pasti akan sakit?

Tidak juga, tergantung pada gen yang diturunkan dan juga gen pasangan Anda. Ketika Anda dan pasangan adalah seorang genetic carrier maka ada 25% kemungkinan gen mutasi tersebut akan diturunkan pada anak Anda. Namun kondisi ini akan semakin parah dan kemungkinannya bisa semakin besar jika seandainya mutasi genetik pada Anda dan pasangan adalah sama.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan masalah genetik, yaitu:

  • Down syndrome
  • Hemofilia
  • Spinal muscular atrophy

Mutasi genetik yang diturunkan dari orangtua pada anaknya adalah hal yang sulit dicegah. Namun, Anda bisa mencegah anak Anda mengalami masalah kesehatan nantinya dengan melakukan tes kesehatan terlebih dahulu. Jika diketahui bahwa mutasi gen pada Anda dan pasangan adalah sama, maka bisa coba mencari jalan lainnya. Misalnya seperti melakukan adopsi anak. Namun tentunya, semua keputusan ada di tangan Anda dan pasangan. Semoga bermanfaat! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *