Panduan Makan Anak yang Menderita Diabetes Tipe 1

Panduan Makan Anak yang Menderita Diabetes Tipe 1

Anda mungkin mengira jika diabetes hanya diderita oleh orang dewasa saja, bukan? Tapi, faktanya anak-anak juga bisa menderita penyakit satu ini. Untuk itu, sebagai orang tua penting bagi Anda untuk selalu memerhatikan kesehatan anak dan jika perlu rutinlah melakukan monitor gula darah agar gula darahnya tetap stabil.

Nah, bicara mengenai diabetes, salah satu tipe diabetes yang kerap menimpa anak-anak adalah diabetes tipe 1. Di mana, diabetes tipe ini disebabkan karena pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin dengan baik sehingga menyebabkan gula darah menjadi naik. Melansir dari alodokter, anak-anak yang memiliki gejala diabetes tipe 1 atau bahkan sudah divonis positif mengidap penyakit ini harus dijaga dan diatur pola makan serta waktu makannya jika tidak ditakutkan nanti malah berisiko menaikkan gula darah.

Berikut kami berikan panduan makan anak yang menderita diabetes tipe 1, check it out:

  1. Rutin memberi anak sayuran segar seperti asparagus, bit, wortel, seledri, mentimun, paprika, tomat, dan lainnya.
  2. Beri anak-anak buah-buahan utuh seperti buah berry maupun anggur. Dan jika membuatkannya jus jangan ditambahkan gula pasir karena buah-buahan sudah mengandung gula.
  3. Jangan lupa cukupi protein anak yang bersumber dari telur, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak.
  4. Cukupi serat dengan memberi anak makanan yang kaya akan kandungan nutrisi misalnya sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.
  5. Hitung terlebih dahulu jumlah karbohidrat yang akan dikonsumsi anak. Ini karena terlalu banyak memberi karbohidrat pada anak bisa menjadi pemicu meningkatnya gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, sebelum memberi karbohidrat pada anak jangan sampai lupa menghitungnya.
  6. Kurangi memberi anak makanan yang mengandung lemak tinggi seperti mentega, susu full fat, gorengan, dan lain sebainya. Lebih baik memberinya ikan salmon yang tinggi akan kandungan Omega 3 sehingga menyehatkan tubuhnya. Atau, jika mau, berikan anak susu bebas lemak maupun yoghurt yang aman dikonsumsi.

Di samping itu, ada beberapa jenis makanan yang diperbolehkan dikonsumsi oleh anak-anak yang menderita diabetes tipe 1 seperti nasi merah, popcorn tanpa rasa (tawar), oatmeal, dark chocolate, ubi jalar, tomat, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaata, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *