Beristirahat dari Kesibukan Penting untuk Produktivitas

Beristirahat dari Kesibukan Penting untuk Produktivitas

Deadline yang menumpuk, tuntutan atasan, dan target selangit terkadang membuat Anda lupa untuk beristirahat. Padahal, istirahat sejenak itu sama pentingnya dengan pekerjaan, lho. Tak ada salahnya jika Anda mengambil jatah cuti dan berlibur baik hanya berlibur di dalam negeri atau bahkan memesan paket tour ke New Zealand. Namun sayangnya, banyak orang yang tak menyadari hal ini. Mereka kira, semakin banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, semakin mereka harus menghabiskan waktunya untuk pekerjaan. Nyatanya, hal itu malah menyebabkan stres yang berujung pada menurunnya produktivitas. Yang seharusnya Anda bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, Anda justru jadi merasa jenuh dan tertekan. Performa pekerjaan pun jadi menurun. Jika masih ragu dengan manfaat beristirahat dari pekerjaan, coba simak beberapa poin berikut!

  • Meningkatkan kreativitas

Jangan salah, waktu yang Anda habiskan untuk beristirahat tidak akan terbuang sia-sia. Sebab beberapa ahli mengatakan bahwa istirahat dari pekerjaan justru dapat meningkatkan kreativitas dan memunculkan ide-ide baru yang segar.

  • Membantu dalam mengambil keputusan

Sering bingung jika dihadapkan oleh beberapa pilihan? Apakah Anda sudah mencoba untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan? Menurut sebuah penelitian, beristirahat dari kesibukan dapat membuat Anda lebih bijak dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

  • Meningkatkan kesehatan

Percaya tidak kalau kondisi kesehatan yang menurun juga bisa merupakan dampak dari kurangnya istirahat? Pasalnya, istirahat bermanfaat untuk kesehatan, baik itu kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Jadi, jangan tunggu sampai tumbang dan stres.

  • Menghilangkan rasa malas

Bukannya tambah bersemangat, semakin banyak pekerjaan, biasanya Anda justru jadi semakin malas untuk mengerjakannya. Padahal malas adalah hal yang harus paling Anda hindari saat ini. Nah, beristirahat sejenak dapat mengembalikan motivasi yang hilang dan menyingkirkan rasa malas.

Tak percaya dengan manfaat-manfaat di atas? Sebaiknya coba dulu dan lihat bagaimana efeknya pada pekerjaan Anda. Tak perlu berlibur ke tempat jauh. Berisitrahat sejenak seperti relaksasi di rumah, membaca buku, atau sekadar makan makanan favorit Anda juga sudah bisa membawa dampak positif pada produktivitas Anda! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *