Menjaga Kualitas Udara di Apartemen Agar Tetap Bersih

Menjaga Kualitas Udara di Apartemen Agar Tetap Bersih

Mungkin Anda sudah tahu bahwa kondisi udara di Jakarta beberapa waktu belakangan ini sedang tidak sehat. Data AirVisual bahkan menunjukkan bahwa Jakarta menjadi salah satu kota di dunia dengan udara paling berpolusi dan memiliki angka Air Quality Index (AQI) yang mencapai angka 155. Namun demikian, meski udara di Jakarta sedang tidak sehat, bukan berarti udara di kawasan apartemen The Parc kamu juga tidak sehat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat udara di apartemen kamu tetap bersih. Simak caranya!

  1. Jaga kebersihan ventilasi udara. Mungkin kamu berpikir bahwa ventilasi udara di apartemen akan selalu bersih karena kamu selalu menutup jendela serta pintu, sehingga tak ada debu yang masuk. Padahal, meski tidak digunakan pun, ventilasi udara akan tetap kotor karena berfungsi menyaring udara dari luar. Jadi, sisihkan waktu untuk membersihkan ventilasi udara, setidaknya dua minggu sekali, agar debu dan kotoran yang menempel bisa hilang. Dengan demikian, udara yang kamu hirup di dalam apartemen pun akan tetap bersih.
  2. Manfaatkan air purifier. Teknologi yang semakin canggih membuat kamu bisa mendapatkan udara yang segar tanpa perlu repot, nih. Ya, manfaatkan saja air purifier! Memang sih, harganya tergolong mahal dan menguras kantong. Namun demikian, manfaatnya pun bisa langsung kamu rasakan. Air purifier, terutama yang dilengkapi dengan High Efficiency Particulate Air (HEPA) bisa meningkatkan aliran dan sirkulasi udara. Tak hanya itu, udara yang kamu hirup pun akan lebih segar dan juga bersih.
  3. Kurangi penggunaan pengharum ruangan. Banyak dari kita yang menggunakan pengharum berbentuk cair yang disemprot untuk membuat ruangan terasa harum dan segar. Namun demikian, pengharum ini sebenarnya berbahaya, lho. Mengapa? Sebab biasanya pengharum ruangan mengandung acetone, butane, propane, dan formaldehyde yang bisa menyebabkan masalah pernafasan. Tak hanya itu, jika disemprot ke ruangan, udara di dalamnya pun menjadi terkontaminasi. Sebaiknya hindari saja, ya!
  4. Simpan tanaman segar di ruangan. Untuk mendapatkan udara yang sejuk dan segar, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman hijau di dalam ruangan apartemen. Tanaman hijau mampu menyaring karbon dioksida sehingga membantu memurnikan udara di dalam ruangan. Silakan pilih tanaman yang mudah perawatannya agar tidak merepotkan. Jika ingin menanam lebih banyak tanaman, Anda juga bisa lho membuat taman di apartemen!

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kualitas udara di apartemen. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *