Buat Floral Wreath untuk Hiasan Rumahmu, yuk!

Buat Floral Wreath untuk Hiasan Rumahmu, yuk!

Floral wreath adalah karangan bunga-bungaan yang direkatkan pada kawat berbentuk lingkaran. Menurut situs Britannica, kerajinan tangan ini secara tradisional memiliki makna penghormatan atau perayaan. Tak heran jika hiasan ini banyak ditemukan di acara pernikahan. Namun, kamu juga boleh menjadikannya sebagai hiasan interior—baik dinding atau pintu kamar—rumahmu, lho. Cukup bermodalkan kawat, beberapa jenis bunga, tang, gunting, serta lem kuat saja, kamu sudah bisa punya riasan baru untuk mempercantik rumahmu.

Nah, untuk membuat floral wreath ini, simak caranya berikut, yuk!

  • Siapkan bahan baku. Bahan baku utama dan terpenting untuk membuat kreasi ini tentu saja adalah bunga-bungaan. Dikutip dari laman The Spruce, kombinasi bunga yang diperlukan sebetulnya cukup 3 kategori saja, yakni 3 tangkai bunga pelengkap, 2 tangkai tanaman hijau, dan 1 bunga utama. Sementara untuk pilihan jenis bunga bisa disesuaikan dengan selera kamu. Selanjutnya, kamu juga bisa menyediakan pita untuk menghiasi karya ini serta kawat bunga dan logam lingkaran.
  • Sediakan alat-alat. Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk membuat kerajinan tangan ini kamu cukup membutuhkan tang atau gunting kawat, lem tembak, serta gunting. Siapkan alat-alat ini beserta bahan baku di atas sebelum mulai bekerja.
  • Gunting dan tata bunga-bunganya. Kalau kamu menggunakan bunga segar, kamu bisa mulai memotong tangkai atau daun bunga yang sudah layu. Tapi jika bunga yang kamu pakai adalah bunga imitasi, kamu bisa memotong bagian yang sekiranya mengganggu nantinya. Setelah itu, susun bunga pelengkap dan bunga utama pilihanmu di atas logam lingkaran. Untuk hasil yang seimbang, kamu bisa meletakkan satu tangkai bunga pelengkap di sisi kiri dan satunya lagi di sisi seberangnya. Kemudian, kamu bisa meletakkan bunga utama di antara keduanya. Kalau kamu merasa penataan tersebut sudah sesuai keinginanmu, kamu bisa lanjut ke tahap berikutnya.
  • Berikan tanaman hijau. Setelah itu, kamu bisa menggabungkan 2 tangkai tanaman hijau bersama bunga-bungaan lain yang sudah kamu tata di atas logam lingkaran. Lalu, kamu bisa mulai mengaitkan masing-masing tangkai bunga pada logam lingkaran menggunakan kawat. Tips: mulai dengan tangkai tanaman hijau, baru bunga pelengkap, ya.
  • Tempelkan bunga utama. Usai tangkai tanaman hijau dan bunga pelengkap terikat sempurna pada logam lingkaran, kamu bisa mengikat utama di atas tanaman dan bunga tersebut. Kalau ingin semua bunga-bungaan ini menyatu, kamu bisa mengaplikasikan lem tembak di antara ketiganya. Terakhir, kamu bisa tambahkan pita menggantung di dekat bunga utama.

Selesai. Mudah, bukan, membuat floral wreath untuk hiasan rumahmu? Kamu juga bisa tambahkan hiasan ini untuk mempercantik desain toko kelontong atau tempat usaha milikmu. Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *