Tips Memilih Alat Olahraga untuk di Rumah yang Tepat

Tips Memilih Alat Olahraga untuk di Rumah yang Tepat

Berolahraga di gym merupakan opsi yang diambil oleh banyak orang karena tempat tersebut menyajikan banyak pilihan alat fitness. Beberapa tempat gym juga menyediakan personal trainer yang bisa membantu Anda untuk melakukan olahraga sesuai dengan kebutuhan dan tujuan berolahraga Anda, seperti misalnya berolahraga untuk menurunkan kolesterol. Tapi, jika Anda lebih suka berolahraga sendiri di rumah juga tak masalah. Anda tinggal membeli alat olahraga yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan berolahraga Anda. Oleh sebab itu, simak tips untuk memilih alat olahraga berikut, yuk!

Olahraga kardio

Olahraga kardio merupakan jenis latihan gerak tubuh yang berguna untuk membakar kalori dan lemak tubuh. Menurut Harvard Medical School, beberapa alat olahraga yang bisa Anda gunakan untuk tujuan kardio adalah:

  • Alat dengan rangka besi atau plastik serta karet di bagian alasnya ini berguna untuk olahraga seperti berjalan, berjalan cepat, ataupun berlari. Beberapa model treadmill yang dijual di pasaran menawarkan permukaan yang fleksibel dan tidak menonjol. Tips: belilah treadmill yang memiliki motor yang kuat, sabuk pengaman yang panjang, rangka kokoh dengan rel di sisi depan, serta perangkat atau sensor penghenti darurat. Semua tips ini tentu berguna baik untuk keselamatan Anda, sekaligus kantong Anda.
  • Sepeda statis. Meskipun hanya dalam rumah, sepeda statis ternyata bisa memberikan manfaat bagi Anda yang ingin melakukan olahraga kardio. Alat olahraga ini sudah terbukti bisa mengurangi massa kalori dan lemak tubuh jika latihan yang dilakukan rutin dan sesuai dengan tujuan akhir Anda. Tips: carilah model dengan jepit dudukan kaki yang nyaman dan dapat disesuaikan, juga jok yang empuk. Kalaupun tidak dapat kursi sepeda statis yang empuk, Anda bisa menggantinya dengan model bantalan empuk yang bisa dibeli terpisah.

Olahraga kekuatan

Seperti namanya, olahraga kekuatan atau strength workout bertujuan untuk membantu Anda mendapatkan kekuatan tubuh. Beberapa contoh olahraga kekuatan meliputi pemanfaatkan gravitasi, pemberian beban pada tubuh, ataupun pemberian tegangan sebagai gaya resistansi. Alat olahraganya bisa berupa:

  • Matras latihan. Alat ini lazim digunakan oleh orang yang melakukan yoga ataupun latihan gerak untuk kekuatan seperti plank atau push-up. Tips: pilih matras antiselip dan empuk untuk latihan gerak di lantai.
  • Beban pergelangan kaki. Alat olahraga yang berfungsi sebagai pelindung ini umumnya berbahan dasar karet. Tips: carilah beban pergelangan kaki yang memiliki bantalan nyaman dan saku yang dirancang kuat untuk menahan palang (pemberat) hingga setengah kilogram.

Itulah dia tips memilih beberapa alat olahraga di rumah yang tepat. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *