camilan untuk diabetes

Cemilan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Bagi Anda yang divonis mengalami masalah kadar gula tinggi atau diabetes, tentunya wajib untuk menjaga pola makan. Tidak hanya jadwal makan saja, tetapi juga jenis makanan yang dikonsumsi. Bahkan, banyak orang yang melarang penderita untuk mengonsumsi cemilan jenis apapun. Meskipun cemilan tersebut dibeli di toko jual cemilan sehat sekalipun. Alasannya adalah cemilan yang biasanya dijual mengandung kadar gula cukup tinggi dan tidak baik untuk penderita diabetes.

camilan untuk diabetes

Source: thatsitfruit

Benarkah demikian? Apa penderita diabetes sama sekali tidak boleh mengonsumsi cemilan?

Ternyata tidak begitu, loh. Sebab penderita diabetes masih boleh mengonsumsi beberapa jenis cemilan berikut ini:

  • Oatmeal

Oat merupakan cemilan sehat yang bermanfaat untuk membantu menjaga kadar gula dalam darah. Menurut Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, beta-glucan yang terkandung dalam oat dapat bantu mencegah naiknya kadar gula dalam darah secara drastis pada penderita diabetes.

  • Popcorn

Banyak yang menganggap bahwa cemilan yang sering dikonsumsi sambil menonton ini tidak sehat. Padahal sebenarnya tidak selalu. Asalkan Anda membuatnya dengan cara yang tepat, popcorn aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Untuk pembuatannya yaitu, panaskan minyak zaitun dan kemudian tuangkan biji jagung ke dalam panci dan tutup. Jangan tambahkan mentega agar popcorn ini tetap menjadi cemilan sehat.  Dan cemilan ini pun bisa digunakan untuk mengatasi kebiasaan ngemil tidak sehat anak karena sangat jarang anak akan menolak semangkok popcorn apalagi jika mereka belajar membuatnya sendiri.

  • Buah

Meskipun alami, namun buah tetap mengandung kadar gula. Walaupun begitu, bukan berarti penderita diabetes tidak boleh mengonsumsinya. Anda tetap boleh mengonsumsi buah asalkan memilik buah dengan Indeks Glikemik Rendah, seperti jeruk, apel, pear, peach, dan kiwi. Sementara, untuk buah dengan Indeks Glikemik Tinggi, lebih baik jika dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda sebelum mengonsumsinya.

  • Keju

Keju adalah salah satu jenis makanan yang dianggap tidak sehat karena tinggi kalori dan tinggi lemak. Namun ternyata, keju tidak seberbahaya itu dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini berkaitan dengan kadar Indegks Glikemik Rendah di dalamnya, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meskipun begitu, Anda tidak boleh sembarangan saat memilih keju, sebab ada beberapa keju yang tidak baik untuk kesehatan.

Asal Anda memilih cemilan yang tepat, diabetes tidak akan membatasi hobi ngemil Anda. (Vita)