Kebiasaan Buruk yang dapat Mempercepat Rusaknya AC Mobil!

Kebiasaan Buruk yang dapat Mempercepat Rusaknya AC Mobil!

Tak ada satu pun pengemudi yang tahan terhadap panas karena itulah dibutuhkan AC. Selain dapat membantu mendinginkan udara kabin mobil, AC pada mobil juga berguna untuk menjaga kelembapan di dalam mobil. Untuk itulah, perlu dilakukan perawatan secara berkala agar AC mobil tetap berfungsi dengan baik. Salah satu caranya adalah ganti oli mobil dengan Idemitsu, khususnya untuk bagian kompresor AC.

Bukan hanya itu saja, supaya kualitas AC tetap maksimal dalam mendinginkan kabin mobil, sebaiknya jangan lakukan kebiasaan-kebiasaan buruk berikut, check it out: (source: liputan6.com)

  1. Membuka kaca jendela mobil ketika AC menyala. Lupa, menjadi salah satu alasan yang membuat banyak pengemudi tanpa sengaja membuka kaca jendela mobil mereka pada saat berkendara padahal AC dalam kondisi menyala. Melakukan hal ini tentu sangat tidak disarankan karena dapat berdampak buruk pada kinerja kompresor AC mobil. Di mana, komponen tersebut akan bekerja lebih berat, yang pada akhirnya malah dapat mempercepat kerusakan pada AC.
  2. Merokok di dalam mobil. Ketika mengendarai mobil, banyak di antara pengemudia mobil yang merokok di mobil mereka. Padahal, melakukan kebiasaan seperti ini malah tidak baik untuk AC mobil. Alasannya karena debu maupun asap rokok turut masuk ke dalam filter Jika tidak dibersihkan, maka filter tersebut akan lebih cepat sekaligus membuat suhu AC pun menjadi tidak maksimal dan bahkan bisa merusak AC tersebut. Untuk itu, sangat tidak disarankan merokok di dalam mobil.
  3. Mematikan mobil tapi AC masih dalam keadaan menyala. Suka lapa mematikan AC tapi mesin mobil sudah dimatikan? Pasti, Anda pernah melakukan ini, bukan? Kalau pernah, mulai dari sekarang cobalah untuk menghentikannya karena bisa merusak kelistrikan AC. Penyebabnya adalah karena pada saat mobil dinyalakan, AC secara otomatis turut menyala, yang mana dapat mengakibatkan aki bekerja lebih ekstra dan arus listrik yang dihasilkan menjadi tidak stabil sehingga memengaruhi bagian kelistrikan AC.

Selain ketiga kebiasaan buruk di atas, menaruh wewangian yang kurang tepat pada mobil juga dapat memengaruhi kinerja AC. Oleh karena itu, pastikan jangan sampai salah memilih wewangian untuk mobil agar tidak mengganggu kerja AC. Selain AC mobil, pastikan juga Anda menjaga AC rumah tetap hemat listrik.

Semoga membantu! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *