Tips Sederhana agar Hemat Listrik Meski AC Terus Menyala

Tips Sederhana agar Hemat Listrik Meski AC Terus Menyala

Tahukah Anda mengapa AC sentral paling cocok digunakan pada bangunan komersial seperti gedung perkantoran, mal, dan rumah sakit? Sebab selain memudahkan proses pengontrolan dan penggantian komponen, pendingin ruangan satu ini juga memakan energi yang amat besar. Michael Bluejay, seorang pakar energi rumah, dalam situs Money Crasher mengungkapkan jika AC ini membutuhkan sekitar 3,500 watt daya. Oleh sebab itu, pendingin ruangan terpusat lebih layak digunakan untuk bangunan berukuran besar.

Namun bagaimana jika Anda telanjur menginstalasi pendingin ruangan sentral untuk rumah Anda? Tidak masalah, sebab Anda dapat melakukan beberapa kiat sederhana berikut agar AC bekerja efektif dan tidak memakan daya berlebihan.

                Cara paling ampuh untuk membuat ruangan senantiasa dingin meski AC tidak diatur pada suhu paling rendah ialah dengan memisahkan dan mengurangi panas di dalam ruangan. Bagaimanakah caranya? Mengutip situs Money Crasher, Anda bisa melakukannya dengan mengisolasi celah udara hingga memilih komponen jendela, atap, dan cat tembok rumah.

  1. Isolasi celah. Prinsip dasar termodinamika ialah ketika udara panas dan dingin berdekatan, panas akan secara alami bergerak ke daerah dingin. Sehingga, luas wilayah panas akan semakin luas dan dingin akan kalah kemudian hilang. Nah, inilah yang akan terjadi Anda memasang AC di dalam ruangan, namun celah pada pembatas ruangan tidak ditutup. Oleh sebab itu, tutuplah pintu—celah-celah jendela ataupun pintu—jika sedang memasang AC di dalam ruangan.
  2. Lapisi jendela. Menurut Departemen Energi Amerika Serikat, kaca jendela bisa menyumbang 10 hingga 25 persen panas ke dalam rumah Anda. Maka dari itu, Anda bisa melapisi kaca jendela dengan kaca film dari bagian dalam jendela untuk mengurangi panas. Pasalnya, melapisi kaca jendela dengan kaca film bisa memblokir cahaya matahari hingga 60%, lho. Meski begitu, tips ini paling sesuai diaplikasikan untuk rumah yang menghadap timur atau barat saja, ya. Sebab rumah yang menghadap utara atau selatan tidak mendapat begitu banyak asupan sinar matahari seperti rumah yang menghadap barat atau timur.
  3. Pemilihan cat tembok. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, warna gelap cenderung menyerap panas matahari lebih banyak. Prinsip ini juga berlaku pada cat tembok. Maka dari itu, pilihlah cat tembok dengan warna-warna terang agar panas matahari di dalam ruangan tidak terlalu tinggi. Dengan begitu, AC bisa mendinginkan ruangan lebih cepat dan efektif, tanpa harus bekerja terlalu keras.

Itulah dia tiga tips sederhana untuk menghemat listrik meski AC terus dinyalakan. Namun tetaplah ingat agar Anda tidak menggunakan AC dengan PK berlebihan karena akan berdampak buruk bagi Anda sendiri. Semoga kiat-kiat di atas bermanfaat dan bisa Anda terapkan secepatnya, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *