Mata Sering Gatal? Mungkin Ini Penyebabnya!

Mata Sering Gatal? Mungkin Ini Penyebabnya!

Mata suka gatal? Ya, hampir semua orang pernah merasakan gatal pada mata mereka. Melansir dari alodokter, timbulnya rasa gatal ini disebabkan oleh kondisi medis, kebiasaan sehari-hari, dan lainnya. Ketika gatal ini menyerang biasanya bisa menimbulkan rasa tak nyaman pada mata bahkan jika gatalnya tak menghilang bisa membahayakan kesehatan matamu. Kalau sudah begini, mau tak mau, kamu harus memeriksakannya ke dokter dan jika memiliki asuransi kesehatan individu pemeriksaannya tentu tak akan memberatkan karena ditanggung pihak asuransi.

Nah, bicara mengenai mata gatal, terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan kenapa matamu bisa terasa gatal, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Infeksi. Seperti yang dikutip dari laman alodokter, mata sangat rentan terserang infeksi jamur, bakteri, dan virus. Ketika infeksi ini menyerang mata bisa menimbulkan beberapa gejala seperti penglihatan kabur, nyeri pada mata, mata gatal, dan sensitif terhadap cahaya. Terdapat beberapa infeksi yang umum terjadi pada mata misalnya saja uveitis dan konjungtivitis.
  2. Alergi. Selain itu, alergi juga menjadi penyebab munculnya rasa gatal pada mata. Ini terjadi karena mata diserang alergen seperti bulu hewan, debu, dan lainnya. Saat adanya paparan alergen bisa memicu lepasnya zat histamin pada mata, yang mana ini dapat memunculkan reaksi alergi dan membuat mata gatal. Tak hanya alergen, mata gatal juga bisa disebabkan karena serbuk sari yang terhirup melalui hidung.
  3. Beberapa orang ada yang sensitif terhadap iritan dari udara. Beberapa iritan tersebut seperti asap pembakaran, asap kendaraan, asap rokok, hingga parfum. Jika mata terkena iritan ini, tentu bisa mengakibatkan mata berair, merah, hingga gatal. Untuk itu, hindarilah paparan iritasi ini agar mata tidak gatal.
  4. Mata kering. Mata kering terjadi ketika produksi air di mata tidak cukup sehingga menimbulkan rasa gatal, perih, bahkan berair. Biasanya, kondisi ini muncul akibat dari penuaan hingga mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti pil KB, antidepresan, dan obat lainnya.

Tak hanya itu saja, blefaritis juga bisa menyebabkan gatal pada mata akibat adanya peradangan yang diakibatkan oleh infeksi. Semoga bermanfaat, ya! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *