Mengenal Seputar Salah Satu Alat Medis, Suction Pump

Mengenal Seputar Salah Satu Alat Medis, Suction Pump

Alat kesehatan yang biasa disediakan di rumah sakit memiliki jenis ragam yang cukup banyak. Misalnya saja seperti alat untuk mendeteksi tanda tubuh kelebihan gula, dan sebagainya. Secara singkat, alat kesehatan diartikan sebagai apparatus, instrumen, mesin atau implant yang berfungsi untuk mencegah, mendiagnosis dan meringankan penyakit, menyembuhkan penyakit dan merawat kesehatan pada pasien dan juga untuk memperbaiki jaringan tubuh. Salah satu alat medis yang lumayan sering digunakan adalah alat suction. Alat yang satu ini memang mungkin tidak cukup familiar di telinga Anda walaupun banyak lembaga yang menawarkan jasa sewa alat suction untuk memenuhi kebutuhan kesehatan. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang alat medis yang satu ini, simak artikel ini yang akan menguraikannya lebih lanjut.

Pengertian alat suction

Alat suction atau yang juga biasa dikenal sebagai suction pump adalah alat kesehatan yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan cairan dalam tubuh dengan metode sedot atau hisap. Alat yang biasa disediakan di rumah sakit ini digunakan untuk berbagai keperluan seperti pada saat proses operasi, untuk penanganan pasien gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh lendir dan banyak lainnya. Alat ini memiliki dua jenis, portabel dan juga jenis unit yang besar sesuai dengan kebutuhan. Biasanya rumah sakit menyediakan alat suction yang berukuran besar.

Fungsi alat suction

Seperti apa yang sudah dijelaskan secara sekilas, alat suction ini membantu untuk mengeluarkan cairan tidak berfungsi yang ada di dalam tubuh pasien. Beberapa jenis cairan bisa saja membahayakan hidup pasien, seperti cairan di dalam paru-paru, lendir di tenggorokan dan juga cairan yang ada di dalam lambung maupun usus. Tidak hanya itu, alat suction ini juga dapat digunakan pada proses operasi untuk menghisap cairan darah yang keluar.

Prinsip dan cara kerja alat suction

Suction pump bekerja dengan bantuan motor listrik yang bertegangan sekitar 110 hingga 220 volt, 145 rpm dan 50/60 Hz. Untuk mengontrol daya hisap dari alat ini, Anda dapat menggunakan regulator yang sudah disediakan di mesin ini sehingga Anda dapat mengaturnya sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk menghisap cairan yang kental maka Anda dapat mengganti daya hisapnya menjadi lebih besar sedangkan untuk cairan yang encer Anda juga dapat mengatur daya hisapnya menjadi lebih ringan.

Demikianlah sederet informasi mengenai alat suction yang merupakan salah satu dari alat medis yang lumayan sering digunakan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *