Bernutrisi Tinggi, Ini Dia Beberapa Jenis Sayuran yang Wajib Dikonsumsi

Bernutrisi Tinggi, Ini Dia Beberapa Jenis Sayuran yang Wajib Dikonsumsi

Mengonsumsi sayuran merupakan hal yang sudah diketahui akan memberikan banyak manfaat karena mengandung berbagai macam gizi dan nutrisi penting di dalamnya untuk keperluan tubuh. Sayuran memiliki kandungan serat yang tinggi, vitamin dan mineral yang tidak boleh dilewatkan untuk memenuhi gizi tubuh. Jangan sampai Anda jatuh sakit dan terbaring di rumah sakit karena tidak pernah mengonsumsi sayuran. Akan sangat beruntung bagi Anda jika sudah memiliki asuransi kesehatan individu jika terjatuh sakit, namun jika belum? Maka dari itu, lebih baik untuk mencegah daripada mengobati bukan? Maka dari itu, mulailah rutin untuk mengonsumsi sayuran setiap harinya, apalagi beberapa jenis sayuran berikut ini yang mengandung banyak nutrisi dibandingkan jenis sayuran lainnya.

  1. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini dipercaya mengandung banyak kalsium, vitamin, zat besi dan antioksidan. Bahkan jika Anda sedang diet daging dan susu mengonsumsi bayam dapat menjadi salah cara alternatifnya adalah dengan mengonsumsi bayam. Sudah dibuktikan juga bahwa satu cangkir bayam mentah mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin K, vitamin A, vitamin C, magnesium, folat, zat besi, kalsium serta antioksidan.

  1. Kale

Tidak hanya bayam, sayuran Kale juga mengandung banyak vitamin A, C dan K yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Untuk Anda yang mengandung kadar kolesterol cukup tinggi, sayuran ini sangat amat bermanfaat untuk mengembalikan tekanan dara, kolesterol, serta kadar gula darah untuk kembali seimbang. Tidak hanya itu, sayuran ini juga mengandung tembaga, kalsium, natrium, kalum, zat besi, mangan hingga fosfor.

  1. Brokoli

Sayuran sehat yang dimiliki oleh keluarga yang sama dengan kubis, kale dan kembang kol ini mengandung 55 kalori, vitamin K yang tinggi, zat besi, serta kalium. Sayuran ini juga mengandung vitamin C dan protein yang lebih tinggi dibanding sayuran yang lainnya. Brokoli juga sudah dipercaya untuk mengurangi risik kanker karena kandungnya sulforaphanenya.

  1. Wortel

Sayuran yang biasa dipercaya untuk memperbaiki indra penglihatan setiap yang mengonsumsinya ini ternyata mengandung 52 kalori dan vitamin A dalam bentuk beta-karoten. Tidak hanya itu, nutrisi di dalam wortel juga memiliki sifat yang dapat melawan kanker seperti leukemia.

  1. Tomat

Tomat yang mengandung 32 kalori, 427 miligram potasium dan 24,7 miligram vitamin C ini juga mengandung likopen yang merupakan antioksidan kuat sehingga dapat mencegah kanker. Penelitian juga menunjukkan bahwa beta-karoten yang dikandung tomat memiliki efek antikanker.

Demikianlah sederet jenis-jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi paling tinggi dibandingkan sayuran lainnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *