Merawat mobil

Agar Tak Sering Masuk Bengkel, Rawat Mobil dengan Cara Ini

Apabila mobil masuk bengkel, tentu saja membuat kita pusing bukan? Bagaimana tidak, sudahlah mobil tidak bisa digunakan untuk bepergian sebab harus menunggu mobil selesai diperbaiki, kita pun harus mengeluarkan uang banyak untuk perbaikannya. Apalagi, jika oli tidak pernah diganti dengan yang baru seperti misalnya dengan oli mobil idemitsu, maka dapat dipastikan perbaikan mobilnya pun akan menguras uang yang tidak sedikit.

Oleh sebab itu, atasi kondisi ini dengan cara rutin melakukan perawatan pada mobil. Selain dapat membuat mobil tetap awet, dengan rajin lakukan perawatan ini dapat mengatasi supaya mobil tidak keseringan masuk bengkel. Lantas, bagaimanakah cara merawatnya? Langsung, kita simak pembahasannya disini:

Merawat mobil

Merawat mobil

  1. Selalu ganti filter udara yang terdapat di dalam bagian kabin mobil. Filter udara sendiri merupakan sebuah komponen di mobil yang memiliki fungsi untuk menyaring udara yang masuk, sehingga menentukan kualitas udara yang dihirup setiap harinya.
  2. Periksa komponen selang di mesin mobil. Cek apakah ada yang mengalami kerusakan atau aus.
  3. Pastikan kabel, aki, serta komponen listrik aman dari karat maupun kotoran. Sebab, jika bagian ini kotor atau sudah berkarat, maka dapat membuat komponen tersebut cepat rusak dan harus dibawa ke bengkel.
  4. Lakukan pemeriksaan pada bagian komponen wiper, pastikan wiper tersebut masih dalam keadaan bagus. Sedikit saran, gantilah wiper ini sekurangnya sekali dalam setahun atau apabila sudah menggores kaca bagian depan.
  5. Jangan lupa memeriksa ban sebulan sekali. Ini dilakukan agar ban tidak licin sehingga mengatasi kecelakaan.
  6. Selalu periksa bagian oli mobil termasuk di dalamnya transmisi, power steering, dan oli rem. Lantaran, komponen ini berperan penting untuk menjalankan mesin kendaraan agar berfungsi dengan baik.
  7. Mengganti oli mesin sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. Misalkan, ganti oli jika sudah mencapai angka 6.400 km perjalanan untuk mesin konvensional ataupun 9.600 km untuk mesin sintetis.
  8. Rutin membersihkan bagian busi mobil. Sebab, busi yang kotor dapat mengganggu kinerja mesin kendaraan sehingga menguras banyak bahan bakar.

Itulah sedikit cara yang bisa dilakukan ketika merawat mobil. Semoga membantu! –SH–