Tinta Printer Inkjet Tidak Keluar? Ini Cara Mengatasinya

Tinta Printer Inkjet Tidak Keluar? Ini Cara Mengatasinya

Dibandingkan dengan jenis printer lainnya, printer ink jet memiliki beberapa kelebihan sehingga cukup banyak digunakan. Baik untuk keperluan pribadi atau rumahan, maupun untuk keperluan bisnis seperti kantor. Salah satu alasan mengapa printer ini banyak dipilih adalah karena harganya yang cukup terjangkau tetapi memiliki kemampuan yang tidak kalah dari printer jenis lainnya. Bahkan, printer ini juga bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas berukuran besar. Tentunya, tergantung dari ukuran printer yang Anda miliki.

Namun, ada satu masalah yang banyak dikeluhkan oleh pemilik printer ini, yaitu tinta yang tidak mau keluar. Biasanya hal ini terjadi setelah proses pengisian ulang atau ketika printer lama tidak digunakan. Nah, jika Anda sedang mengalaminya, berikut ini adalah cara mengatasinya:

  1. Lepaskan cartridge dari printer dan letakkan pada tisu atau lap kering yang sudah disiapkan. Tujuannya adalah untuk memeriksa apakah tinta masih bisa keluar atau tidak dari cartridge.
  2. Jika tidak masih bisa keluar dengan normal, maka pasang kembali cartridge ke printer. Pada komputer, kamu bisa melakukan head cleaning setelahnya.
  3. Cara melakukan head cleaning adalah dengan masuk ke menu setting atau pengaturan printer. Pilih tab maintenance dan klik button atau tombol cleaning. Setelah proses cleaning selesai, maka Anda baru boleh melakukan proses head cleaning.
  4. Jika pada saat langkah pertama dilakukan dan tinta tidak ada yang mau keluar, maka Anda bisa coba membasahi bagian head cartridge. Head cartridge merupaka bagian bawah cartridge yang menjadi tempat keluar tinta sehingga bisa mencetak ke kertas. Usapkan bagian ini dengan tisu yang dibasahi air hangat. Tujuannya, agar bagian ini yang semula kering sehingga tidak bisa mengeluarkan tinta menjadi basah kembali. Setelah itu, Anda bisa coba kembali untuk mencetak sesuatu.
  5. Jika setelah langkah terakhir dilakukan tinta masih tidak bisa keluar, Anda bisa coba merendam Cartridge ke air hangat. Namun, seandainya Anda sudah mencoba semua cara masih tidak ada tinta yang keluar, maka mungkin saja cartridge Anda memang sudah bermasalah dan tidak bisa lagi digunakan.

Semoga cara di ataas bermanfaat dan printer Anda dapat bekerja kembali secara normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *