Mengapa Suku Bunga Kredit Setiap Debitur Bisa Berbeda?

Mengapa Suku Bunga Kredit Setiap Debitur Bisa Berbeda?

Suku bunga pinjaman merupakan hal yang pasti ada dalam perhitungan kredit. Misalnya saat kamu mengambil paket kredit Mitsubishi Xpander. Namun, suku bunga yang dibebankan oleh lembaga pembiayaan rata-rata berbeda. Bahkan, suku bunga rendah sering menjadi salah satu poin utama yang dipromosikan oleh lembaga pembiayaan untuk menarik minat konsumen. Sebab, meskipun hanya berbeda 1% saja bisa sangat berpengaruh pada nominal cicilan yang harus dibayar.

Pada dasarnya, semua lembaga pembiayaan akan mengikuti aturan pemerintah dengan menjadikan BI Rate sebagai suku bunga acuan dalam menentukan suku bunga kreditnya. Baik ketika yang diterapkan adalah suku bunga flat atau suku bunga efektif. BI Rate sendiri juga sangat bergantung pada kondisi perekonomian negara. Misalnya saat terjadi inflasi, maka secara otomatis BI Rate akan naik dan menaikkan suku bunga kredit juga.

Namun, untuk penentuan suku bunga kredit yang diberikan pada konsumen sendiri, misalnya untuk mendapatkan kredit mobil murah, ada banyak hal yang mempengaruhi kebijakan lembaga pembiayaan, antara lain:

  • Tenor

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tenor akan sangat mempengaruhi suku bunga kredit. Semakin lama tenor yang dipilih, maka sudah jelas suku bunga kredit akan semakin besar. Namun, bertambahnya jumlah pembagi membuat cicilan bulanan yang harus dibayar menjadi lebih kecil. Inilah yang membuat banyak debitur memilih tenor panjang meskipun suku bunganya tinggi.

  • Kemampuan bayar

Berdasarkan rekening tabungan Anda, pihak lembaga keuangan bisa melihat bagaimana kemampuan bayar Anda. Termasuk juga suku bunga cicilan yang masih mampu Anda bayar. Terkadang lembaga pembiayaan akan memberikan suku bunga yang lebih rendah untuk mencegah seorang konsumen berpindah pada lembaga lainnya. Namun kembali lagi, semua tergantung pada kebijakan lembaga pembiayaan yang Anda pilih.

  • Skor kredit

Skor kredit tidak hanya berperan penting dalam menentukan diterima atau tidaknya pengajuan kredit Anda, tetapi juga bisa menjadi penentu suku bunga kredit Anda. Lembaga keuangan terkadang akan memberikan suku bunga kredit lebih tinggi pada Anda yang memiliki skor kredit kurang baik. Jadi pastikan menjaga skor kredit tetap baik ya!

Setelah mengetahui hal di atas, Anda tidak perlu bingung lagi mengapa suku bunga pada setiap lembaga pembiayaan bisa berbeda. Bahkan mungkin, Anda dan kerabat bisa memiliki suku bunga kredit yang berbeda meskipun mengajukan kredit untuk jenis mobil, tenor, dan di lembaga pembiayaan yang sama. Sebab mungkin saja, kemampuan bayar atau skor kredit Anda dan orang tersebut berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *