Tips Menyelamatkan Diri Ketika Terjadi Kebakaran di Kantor

Tips Menyelamatkan Diri Ketika Terjadi Kebakaran di Kantor

Tidak ada satu orang pun yang tahu kapan peristiwa kebakaran terjadi, karena itulah melengkapi diri dengan asuransi kecelakaan diri adalah wajib hukumnya. Namun demikian, penting bagi Anda untuk mengetahui cara-cara menyelamatkan diri dari kebakaran, terutama ketika sedang berada di kantor. Tujuannya supaya Anda tidak terjebak dan bisa terbebas dari peristiwa kebakaran tersebut dengan selamat.

Adapun berbagai cara yang bisa dicoba adalah sebagai berikut ini:

  1. Usahakan untuk tidak panik. Ketika alarm tanda kebakaran berbunyi, usahakan untuk tidak panik dan stay calm. Rasa panik hanya akan membuyarkan konsentrasi dan membuat Anda tidak tahu ke mana harus menyematkan diri. Untuk itu, jaga ketenangan diri dan cobalah untuk keluar melalui tangga darurat.
  2. Lepaskan peralatan listrik. Sebelum meninggalkan kantor, pastikan Anda sudah melepaskan serta mematikan semua peralatan elektronik yang ada di kantor. Wajibkah? Yap, ini dilakukan untuk menanggulangi agar tidak terjadi hubungan arus pendek listrik yang bisa memicu terjadinya kebakaran lainnya. Sedikit tidak mungkin memang, tapi usahakan untuk tidak melupakan ini ketika terjadi kebakaran.
  3. Langsung lindungi pernapasan. Jika lokasi kebakaran dekat dengan Anda, maka lindungi saluran pernapasan seperti mulut dan hidung dengan masker, tisu basah, tisu kering, ataupun baju yang sedang dikenakan. Melakukan ini dapat mencegah masuknya asap ke dalam saluran pernapasan. Asap yang masuk ke pernapasan akan mengganggu konsentrasi Anda untuk menyelamatkan diri.
  4. Ikuti arahan petunjuk evakuasi. Saat terjadi kebakaran di sebuah gedung, biasanya petugas akan menggunakan pengeras suara untuk memberikan petunjuk evakuasi. Ikuti petunjuk tersebut, atau ikuti petunjuk arah evakuasi yang terpasang di setiap lantai. Jangan menggunakan lift, sebab lift akan mati ketika Anda berada di tengah perjalanan.

Selain melakukan langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda pun disarankan untuk tidak terjebak di keramaian. Jika memungkinkan, cari jalan keluar lain seperti jendela, namun pastikan jendela tersebut aman untuk digunakan. Semoga membantu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *