Ini Dampak Memilih AC dengan PK Berlebihan

Ini Dampak Memilih AC dengan PK Berlebihan

Apa yang Anda harapkan ketika menggunakan AC dalam ruangan? Baik AC yang dipasang di dinding maupun AC floor standing. Pastilah, ruangan menjadi dingin sehingga akan membuat Anda merasa semakin nyaman berada di sana. Inilah yang membuat banyak pengguna AC terkadang memilih AC dengan PK besar tanpa memerhatikan cara memilih ukuran PK AC yang tepat terlebih dahulu. Biasanya, banyak orang yang berpikir bahwa AC dengan PK besar maka akan membuat ruangan lebih cepat dingin dibandingkan dengan PK rendah. Namun, benarkah demikian?

Hal tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah. AC dengan PK yang tinggi memang dapat membuat ruangan lebih dingin dalam waktu yang relatif singkat, tetapi ada yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan AC ini yaitu beberapa dampaknya:

  • Terlalu lembap

Salah satu sifat AC adalah untuk mensirkulasi udara lembap dalam ruangan agar berada pada level yang wajar dan sehat. Bahkan banyak yang bilang bahwa AC membuat udara dalam ruangan menjadi kering. Namun, ketika AC yang Anda gunakan lebih besar dari yang seharusnya, maka yang terjadi justru sebaliknya. AC tidak mampu mensirkulasi udara dalam ruangan secara sempurna sehingga kelembapan udara dalam ruangan menjadi lebih tinggi dari yang seharusnya.

  • Tidak nyaman

Udara dingin dalam ruangan ber-AC memang membuat nyaman, apalagi ketika cuaca di luar sedang panas. Namun ketika AC yang Anda gunakan terlalu besar, maka dingin yang dirasakan akan berlebihan sehingga justru membuat tidak nyaman. Sementara jika Anda mengatur mode auto pada AC, maka perubahan suhu dapat terjadi secara drastis sehingga akan terasa tidak nyaman.

  • Tidak sehat

Jelas saja, perubahan suhu drastis, kelembapan udara yang tinggi, serta suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan pada Anda. Terutama untuk Anda yang sudah lebih dulu memiliki riwayat masalah kesehatan sebelumnya.

  • Boros

Semakin tinggi PK pada AC maka listrik yang dibutuhkan akan semakin tinggi. Artinya, Anda harus bersiap-siap untuk membayar tagihan listrik lebih tinggi dari yang seharusnya Anda bayarkan jika menggunakan AC dengan ukuran wajar. Jika Anda terlanjur membeli AC dengan PK besar untuk apartemen, Anda dapat membuat ruang tidur tanpa sekat di apartemen untuk memaksimalkan sebaran udara dingin dari AC.

Setelah mengetahui dampaknya, yakin masih mau menggunakan AC dengan PK lebih tinggi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *