Waspadai Area Kerja yang Tidak Baik Berikut Ini

Waspadai Area Kerja yang Tidak Baik Berikut Ini

Setiap tempat kerja pastilah memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya. Misalnya saja saat Anda memutuskan untuk sewa kantor Sudirman Jakarta, meskipun berada di dalam satu gedung yang sama, bisa saja ketika Anda pindah lokasi sewa suasananya akan langsung berubah. Ada suasana yang mungkin membuat Anda nyaman, tetapi terkadang juga tidak. Bukan karena orang di sekitar Anda, tetapi karena area kerja Andalah yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Memang, ada beberapa kondisi yang membuat area kerja terasa tidak nyaman dan bisa menjadi penyebab terganggunya konsentrasi Anda. Contohnya seperti beberapa kondisi area kerja yang patut diwaspadai berikut ini:

  • Cahaya kurang

Cahaya merupakan hal yang sangat berperan penting dalam konsentrasi seseorang. Ketika ruang kerja terlalu redup, akan membuat penglihatan Anda menjadi kurang nyaman. Bagi Anda yang bekerja menggunakan komputer, pantulan cahaya dari layar komputer semakin lama akan berisiko membuat mata Anda sakit. Sementara bagi Anda yang bekerja dengan mesin (misalnya di parik), area kerja seperti ini pastilah sangat berbahaya. Sebab, dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan kerja akibat terganggunya penglihatan.

  • Sempit

Area kerja yang sempit tetapi dipenuhi dengan berbagai barang tentulah sangat tidak sehat. Sebab, kemungkinan area kerja ini dibersihkan akan semakin kecil sehingga bisa menjadi sarang debu. Tidak hanya itu, area kerja yang terlalu sempit juga menyebabkan ruang gerak Anda semakin terbatas dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan kerja seperti terjatuh.

  • Sulit untuk evakuasi

Bencana seperti kebakaran bisa terjadi kapanpun dan tanpa adanya tanda sama sekali. Area kerja yang baik seharusnya sudah mempersiapkan langkah evakuasi untuk para pekerjanya saat hal ini terjadi. Namun kenyataannya, terkadang ada area kerja yang memiliki pintu sulit dijangkau atau sulit untuk dibuka sehingga ketika bencana ini terjadi, proses evakuasi karyawan di dalam terhambat. Tentunya hal ini sangatlah berbahaya karena semua pekerja di dalamnya bisa menjadi korban.

Semoga Anda yang berperan sebagai pemilik perusahaan lebih bijak dalam menyediakan area kerja yang sehat untuk karyawan Anda. Dengan begitu, produktivitas karyawan akan semakin meningkat juga. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *