Benarkah Penderita Diabetes Tak Boleh Konsumsi Karbohidrat?

Benarkah Penderita Diabetes Tidak Boleh Mengonsumsi Karbohidrat?

Selan makanan manis yang mengandung glukosa, makanan yang mengandung karbohidrat juga dianggap jahat untuk penderita diabetes. Sebab, banyak orang yang melakukan cek kadar gula darah menemukan kadar gula darahnya meningkat setelah mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat. Itulah sebabnya, karbohidrat menjadi hal yang harus diwaspadai oleh penderita diabetes.

Namun pertanyaannya, apakah itu artinya penderita diabetes sama sekali tidak boleh mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat?

Ternyata, penderita diabetes masih boleh loh mengonsumsinya karena pada kenyataannya tubuh juga membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi. Hanya saja Anda harus memperhatikan jenis karbohidrat yang dikonsumsi. Sebab, ada dua jenis karbohidrat yang terkandung dalam makanan, yaitu:

  • Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana adalah jenis karbohidrat yang dapat dengan mudah dan cepat diserap oleh tubuh. Itulah sebabnya, karbohidrat sederhana bisa menjadi sumber energi yang cepat untuk tubuh. Selain karena proses penyerapan yang cepat, karbohidrat ini juga dikatakan sederhana karena hanya mengandung satu atau dua jenis gula, yaitu fruktosa yang terkandung pada buah dan galaktosa pada produk susu.

Namun, makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana ini menjadi salah satu makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Sebab, penyerapan yang cepat ini berdampak pada cepat naiknya kadar gula darah setelah Anda mengonsumsinya. Padahal penderita diabetes tidak dapat memproses glukosa dalam tubuhnya secara normal sehingga hal ini akan semakin memperparah kondisinya.

  • Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleksi adalah karbohidrat yang mengandung tiga atau lebih zat gula. Tidak hanya itu, susunan zat kimia pada karbohidrat ini juga jauh lebih rumit. Itulah sebabnya, dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diserap dan diproses oleh tubuh. Akibatnya, kenaikan kadar gula dalam darah juga terjadi secara perlahan sehingga cenderung aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Jadi, bagi Anda yang sudah menderita diabetes atau memiliki risiko tinggi menderita penyakit tersebut, mengubah jenis makanan dengan karbohidrat kompleks bisa menjadi pilihan tepat. Sebab, selain aman untuk masalah diabetes, karbohidrat kompleks juga bisa menjadi menu diet yang sehat dan aman untuk Anda yang ingin menjaga berat badan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *