investasi di tengah pandemi

Investasi di Tengah Pandemi? Kenapa Tidak!

 

Merebaknya pandemi COVID-19 memang sangat mengguncang perekonomian dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini terbukti dari banyaknya investasi yang mengalami pasang surut dalam beberapa bulan terakhir sehingga secara tidak langsung kondisi pandemi ini memengaruhi minat investor untuk berinvestasi. Padahal, melakukan investasi seperti memilih investasi dengan asuransi, misalnya, di tengah pandemi seperti sekarang akan jauh lebih menguntungkan.

 

Pasalnya, instrumen investasi saat ini menjadi lebih murah dibanding waktu normal. Bahkan, saat dijual nanti bisa saja menjadi lebih tinggi. Untuk itu, bagi Anda yang tidak terkena dampak pandemi dengan tetap memiliki keuangan yang stabil, tidak dirumahkan, dan tidak mengalami pemotongan gaji sangat disarankan untuk berinvestasi.

Nah, agar tidak menimbulkan masalah nantinya, yuk ketahui dulu tips-tips berinvestasi di tengah pandemi.

  1. Pilih jenis investasi yang aman untuk Anda

Pastikan untuk memilih investasi yang aman untuk Anda. Caranya? Dengan mengecek website-website resmi untuk investasi dan jangan lupa membaca kolom komentar orang-orang yang sudah lebih dahulu berinvestasi dari Anda. Sebaiknya, berhati-hatilah dengan pihak yang menjanjikan akan memberikan keuntungan yang lebih besar pada Anda dan memiliki risiko sangat kecil saat Anda berinvestasi.

Ditakutkan pihak tersebut hanyalah akun bodong dan membuat Anda kehilangan uang yang sudah diinvestasikan. Bukannya untung, yang ada Anda malah mengalami kerugian. Untuk itu, jangan sampai salah pilih, ya!

  1. Pilih investasi jangka panjang

Disarankan, Anda sebaiknya memilih investasi jangka panjang. Selain lebih menguntungkan, memilih investasi jenis ini maka bisa membantu Anda menjaga aset kekayaan di masa yang akan datang. Bahkan, sekalipun saat ini instrumen investasi masih cenderung mengalami penurunan, akan tetapi beberapa waktu ke depan tentunya investasi yang Anda pilih bisa mengalami kenaikan.

Oleh karena itulah, Anda dianjurkan untuk memilih investasi jangka panjang yang akan memberikan keuntungan lebih untuk Anda. Namun, perlu diingat, saat melakukan investasi jangka panjang sebaiknya tidak menggunakan dana darurat dan dana untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Pilih beberapa produk investasi

Untuk mencegah risiko buruk yang mungkin saja terjadi di masa depan, maka ada baiknya Anda mengalokasikan investasi untuk beberapa instrumen atau produk investasi. Ketika ada satu instrumen investasi yang mengalami kerugian, Anda masih tetap bisa mengelola instrumen lainnya dan menjalankan dengan sebaik mungkin.

Dengan demikian, Anda tentu tidak perlu merasa khawatir semua aset yang sudah diinvestasikan mengalami kerugian karena masih ada aset di tempat lain.

  1. Pilih profil risiko investasi yang sesuai dengan kemampuan Anda

Ada baiknya pilihlah profil risiko investasi yang memang sesuai dengan kemampuan finansial sekaligus mental Anda. Jangan memilih profil risiko yang sebenarnya sulit untuk dijalani dan Anda tetap ngotot untuk mendapatkannya. Bukannya mendapatkan keuntungan bisa-bisa nantinya investasi Anda stuck di tempat.

Untuk itu, sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi finansial Anda sebelum melakukan investasi agar tidak menimbulkan masalah nantinya, ya.

Itu dia beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan jika Anda mau berinvestasi di tengah pandemi. Bagaimana, sudah siapkah Anda berinvestasi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *